Pemasangan Bodykit Plastik
Pemasangan bodykit tidak begitu sulit apabila anda mengetahui bagaimana cara-cara dan peralatan yang mesti dipakai untuk pemasangan tersebut.Banyaknya bodykit yang beredar di Indonesia dari mulai bahan fiber,plastik abs,maupun plastik pp kini dapat anda peroleh di toko-toko variasi maupun membeli via online.
Memasang bodykit setelah dicat |
Memasang bodykit sebelum dicat |
Pemasangan bodykit plastik dapat dilakukan dengan 2 cara :
- Pasang mentah atau kondisi bodykit belum dicat
Selain itu jika ada bagian-bagian tertentu waktu pemasangan, ada bagian yang terdapat celah sempit bisa diakali dengan menutupnya dengan dempul saat pengerjaan awal pengecatan.Dan yang paling memudahkan pasang kondisi mentah adalah warna cat yang lebih bisa mendekati warna body mobilnya.
Kekurangan pemasangan ini adalah perlu sangat hati-hati waktu proses pengecatan,jika saat pengecatan body mobil tidak tertutup sempurna maka cat akan ikut mengenai panel-panel lainnya.Juga perlu meninggalkan mobil untuk proses pengecatan sekitar 3-6 hari tergantung bengkel cat terkait.
2. Pemasangan setelah bodykit dicat terlebih dahulu.
Di postingan ini saya akan menjelaskan pemasangan setelah bodykit dicat lebih dulu.
Kelebihan dari pemasangan ini adalah tidak perlu menginapkan mobil di bengkel,untuk sample warna bisa menggunakan tutup towinghook,cover spion, tutup bensin maupun panel-panel lain dari mobil yang dapat dilepas.Kekurangannya adalah akurasi warna tidak presisi karena sample cat hanya menggunakan panel tertentu yang dimensinya kecil dan mewakili panel depan belakang atau spion/tutup bensin saja yang mungkin berbeda warnanya dengan panel2 lain.Mungkin saja bagian mobil depan beda warna dengan bagian samping maupun belakang karena faktor sudah pernah dicat ulang ataupun umur mobil yang sudah tahunan.
- Sealent dan sealent gun / dapat menggunakan sealent khusus otomotif semisal sikaflex atau yang biasa untuk mengelem akuarium yang dijual di toko-toko bangunan/cat.
- 3M double tip, biasanya saya jarang sekali menggunakan double tip, hanya untuk panel-panel tertentu saja.
- Obeng + dan -, kunci pas/ring 8-10-12-14, lakban kertas, gunting,cutter, baut, obeng+ mini, lem G, gerinda, bor dan mata bor 3mm,spidol merah non permanen, kain lap, dll.
- Lepas mudguard jika ada depan dan belakang, mudguard biasanya tidak terpakai lagi apabila dipasangi bodykit.Simpan saja jika suatu saat diperlukan lagi. Fitting/ paskan bodykit ke body mobil, untuk menghindari lecet sebelumnya lapisi body mobil yang bersentuhan dengan permukaan bodykit dengan lakban kertas atau lakban plastik.Jika ada bagian bodykit yang dirasa tidak bisa presisi mengikuti lekukan body mobil,beri tanda dengan spidol merah lalu kikis sedikit-sedikit dengan menggunakan gerinda atau ampelas.
- Jika dirasa bodykit sudah pas menempel di body mobil, lakukan pengeboran untuk dudukan baut di bagian kupingan roda atau dengan kata lain di bagian bekas mud guard/kepet lumpur.Lakukan pengeboran 2 titik di tiap bagian bekas mudguard dan beri sekrup satu saja, ingat ini masih proses fitting dan belum dilem. Beri tanda setiap bagian bodykit agar tidak kesulitan saat memasang baut saat bodykit sudah di sealent/ lem.Setelah selesai,lepaskan baut dan bodykit dari mobil.
Posisi baut di dekat roda
- Bersihkan bagian bodykit yang akan terkena lem serta bemper depan belakang samping mobil dengan kain bersih, jika perlu dibagian bodykit diampelas kasar terlebih dahulu agar lem menempel kuat. Berikan lapisan lem/sealent pada permukaan bodykit, cukup dibuat seperti lingkaran agak tebal tidak usah diratakan dari ujung ke ujung agar sewaktu-waktu bodykit dilepas tidak susah membersihkan sisa sealentnya. Untuk bodykit bagian depan bisa memakai 3M doble tip dibagian tengah yang menempel dekat grill radiator.
- Setelah itu pasangkan bodykit ke mobil sesuai tanda yang sudah diberikan, baut sesuai dudukan yang sudah dibor, lalu lakban kertas agar bodykit tidak bergeser. Selama lem belum kering lakban kertas tidak perlu dilepas, biarkan 1x24 jam agar lem kering sempurna.
Lakban kertas saat pemasangan |
- Proses terakhir adalah pemasangan list karet. Walaupun terkesan mudah tapi ini adalah hal yang perlu diperhatikan, pasanglah karet dengan hati-hati dan teratur. Karet yang terpasang berantakan atau tidak lurus akan membuat tampilan bodykit menjadi tidak rapi. Karet bisa dipasang dengan menggunakan lem G/alteco di aplikasikan antara karet bagian dalam dan bodykit, jangan sampai terkena body mobil karena akan sulit dihilangkan. Atau dapat juga menggunakan lem castol atau bahan lainnya. Lepaskan baut paling atas dari tiap bodykit dan sisipkan karet dengan diberi lem sedikit-sedikit saja, lakukan dengan memperhatikan lurusnya karet.
Bagian karet yang diberi lem alteco Sample karet bodykit belakang Contoh karet bodykit depan Karet bodykit samping
Baca juga : Cara Memperbaiki Bodykit Yang Pecah